Label

Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Jumat, 30 September 2011

U

Glosari (Daftar Istilah)


Unity,kepaduan,kesatuan,paduan
Upam,burnish(v) mengupam;menyanglingUngkapan (expression)- suatu proses menyampaikan ide-ide, perasaan-perasaan (feelings) dan maksud-maksud tertentu/ makna (meanings) yang selektip yang dikomunikasikan dalam berbagai kemungkinan untuk seni visual, seni tradisi/ rakyat dsb., - pada lukisan-lukisan dan objek-objek dekoratif seni yang bergaya naif.


Unsur-unsur seni/desain (elemen of art/design) – adalah elemen yang tampak/kelihatan pada semua pekerjaan seni visual,  meliputi: garis, bentuk, warna, tektur, nada (hitam-putih), bentuk dan ruang. Unsur-unsur seni (elemen of art/design) dapat dibagi lagi sebagai unsur-unsur visual (visual element), dan unsur-unsur atribut visual (visual atribute). Warna, tekstur, proporsi, skala dsb. adalah atribut visual yang tidak stabil terlihat pada situasi atau waktu tertentu. Elemen visual adalah volume, bentuk, garis, dan  titik yaitu yang tidak pernah berubah terlihat walaupun ada beragam situasi yang mempengaruhinya. 

Indeks Pelaku Seni Indonesia (Indonesian Art & Artist)

UMI DAHLAN, Pelukis Wanita, pengajar. Kelahiran Cirebon, 1942. Pendidikan Seni Rupa  Institut Teknologi Bandung Jurusan Seni Lukis1968. Banyak mengadakan pameran baik dalam maupun luar negeri. Mendapat berbagai penghargaan seni atas karya‑karyanya. Selama studi di Institut Teknologi Bandung sering menjadi desainer/asisten desainer dalam satu grup kerja seni rupa.  Menjadi staf pengajar di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung.
UNIVERSITAIRE LEERGANG TOT OPLEIDING VOOR TEKENLAREN ( BALAI PERGURUAN TINGGI GURU GAMBAR)  lembaga pendidikan  yang mengarah kepada seni lukis, mula‑mula berdiri pada tahun 1947 di Bandung, dipimpin oleh orang‑orang Belanda, kemudian baru pada tahun 1951 oleh Sjafei Sumardja, sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia , dan sejak 1959 menjadi Departemen Seni Rupa pada Institut Teknologi Bandung .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar