Glosari (Daftar Istilah)
Tally,turus
Tampak burung,birds eye view;
Taste, selera
Tecknique,technik,teknik
Tertiary colour,warna tritia
Teknik- adalah sebuah proses/cara dimana material dan alat seni serta media dipakai untuk menghasilkan seni visual, seperti teknik mengukir, menggambar, melukis, mencetak, dan lain lain
Tampak burung,birds eye view;
Taste, selera
Tecknique,technik,teknik
Tertiary colour,warna tritia
Test,uji coba
Tetragon,caturkona
Text,nas,teks
Texture,barik,capuk
Thumbnail(layout)atak ayun
Tone, tonality,nada
Tool,perkakas
Toreh kayu,wood enggraving,
Torso (togok)
Trace(v) merunut
Tracery,kerawang,terawang
Tracing paper,kertas runut
Translucent,teluseri
Transparant,bening
Typorgaphy,tata huruf,tipografiTeknik- adalah sebuah proses/cara dimana material dan alat seni serta media dipakai untuk menghasilkan seni visual, seperti teknik mengukir, menggambar, melukis, mencetak, dan lain lain
Teknologi
(technologies)- adalah
studi/penyelidikan atau penciptakan karya seni dengan menggunakan peralatan
yang kompleks, seperti mesin bubut, alat press, komputer, laser dan peralatan
video.
Tiga dimensi-
mempunyai tiga kualitas yang mencakup kedalaman, ketinggian, dan luas,
seperti karya patung.
Titik hilang
(vanishing point)- di dalam
perspektif, adalah titik dimana bentuk mundur untuk memusat dan lenyap di
horizon.
Indeks Pelaku Seni Indonesia (Indonesian Art & Artist)
TAMAN SISWA Lembaga pendidikan formil kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan seni baru tumbuh menjelang tahun 1950 .Taman Siswa didirikan oleh Ki Hajar Dewantara di Yogyakarta pada tahun 1922
TEKNIK SENI LUKIS "HINDIA MOLEK" (MOI INDIE), pelukis pemandangan alam "Hindia Molek" (Moi Indie) melukis dengan teknik yang telah menjadi kebiasaan dan ketentuan dalam seni lukis Belanda, dan yang diajarkan di Akademi seni rupa di Negeri Belanda . Dalam teknik ini, perspektif harus diperhitungkan dengan teliti. Ruang lukisan dibagi tiga; depan , tengah dan belakang. Salah satu dari ruang itu , yang akan ditonjolkan, diberi cahaya. Ruang‑ruang lainnya diredam atau dimatikan. Warna‑warna diambil menurut ketentuan yang lazim; di campur baik‑baik pada palet untuk menghindari pencampuran di kanvas yang akan menimbulkan kesan kotor; lalu diulaskan secara halus di kanvas. Ketika Mas Pirngadi di tahun 1928 mengajar melukis kepada seorang muridnya, Sudjojono, ia masgul melihat kasarnya sapuan‑sapuan kuas Sudjojono dan kotornya warna‑warna yang dipilih semaunya sendiri.Tetapi Sudjojono itulah penentang utama teknik, gaya dan estetika seni lukis pemandangan alam. Dengan pertentangan itu mulailah masa kedua dalam perkembangan seni lukis Indonesia baru.
TRISNO SUMARDJO, Penulis seni di Majalah Seniman dan anggota SIM (Seniman Indonesia Muda tahun 1948) di Yogyakarta, kemudian anggota perkumpulan pelukis "Yayasan Seni dan Desain" 1958, di Jakarta.
TRUBUS, seniman yang pertama melatih dirinya pada Keimin Bunka Shidoso ( Pusat Kebudayaan ) yang didirikan di zaman pemerintahan Jepang Pelukis yang muncul masa Jepang. Kemudian zaman revolusi (tahun 1945‑1949) pindah ke Yogyakarta dan bergabung dengan SIM (seniman Indonesia Muda). Kepindahan seniman‑seniman ini juga karena pindahnya Ibu Kota Republik Indonesia ke Yogyakarta. Kemudian menjadi anggota Pelukis Rakyat yang didirikan oleh Affandi karena bertentangan dengan SIM. Trubus kemudian menjadi pengajar di Akademi Seni Rupa Indonesia bagian patung dan lukis pada tahun 1950 bersama dengan Hendra, Kusnadi, dan Sudarso.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar