) Lihat : "Perdjoeangan PTPI",
Revolusi Pemoeda, 25 Desember 1945.
)
Nobert Lytnton, 'expressionism' dalam , Nikos Stangos, Concepst of
Moderen Art,1974 hal.30‑31. Pelopor kelompok Die Brucke ini adalah Ernst Ludwig
Kircher (1880‑1938), seorang mahasiswa arsitektur yang makin lama makin
cendrung kearah seni grafis. Untuk merealisir idenya dia membentuk kelompok ini dari teman‑teman
arsitekturnya (Fritz Bleyl, Erich Heckel (1883‑) dan karl Schmidt Rottluff
(1884‑..), Kemudian menyusul tokoh yang lebih tua Emil Nolde (1867‑1956)
)
Sudarso SP.Ibid,Jilid II.1975: hal.14
) Sarah Whithfield (1981)dalam tulisannya
tentang Fauvisme ( dalam Nikos Stangos, Concepts of moderen art, 1981:11)
) Masyarakat Indonesia dengan kesatuan yang
mendasar sebagai bangsa, baru dapat dirintis
pada tahun 1908, dengan berdirinya "Boedi Oetomo" di
Jakarta.Dengan tokohnya Dr.Sutomo.
) Ciryl Barrett, Kinetic Art, dalam Nikos
Stangos , Concepts of Moderen Art, Hudson Ltd.N.Y.1981, p.212. Yang mengutip
manifesto Boccoini (pernyataan teknik patung futuris) tahun 1912.
) Edward Lucie‑Smith, Movements in Art since
1945: new revised edition. Thames and Hudson,1987:171
) Vasarelly misalnya , menyibukkan dirinya
dalam karya‑karya lukisan yang terdiri dari bidang‑bidang yang terpisah dengan
layar‑layar (sreens) dan objek‑objek tiga dimensional. Gerak pada karya‑karya
statis tergantung pada aksi cahaya dan pada fenomena optis yang dikenal.seperti
misalnya kecendrungan mata untuk menimbulkan imaji lanjutan (after images) jika
mata itu dipertentangkan dengankontras‑kontras hitam putih yang sangat
kuat,atau jika mata dipetentangkan dengan deretan warna tertentu. Yang kedua
ada objek‑objek yang bergerak tanpa kekuatan mekanis seperti Seni
Kinetiknya Alexander Calder. Ketiga ada
karya‑karya yang digerakkan secara mekanisdan yang menggunakan cahaya,
elektromaknit dan bahkan juga dengan air. Opcit.Hal.171‑172
) Pada awalnya Isu mengenai moderen sebenarnya
tumbuh dari konsep "Barat" yang ingin membedakan atau melawankan
antara primitif dengan moderen. Yang dimaksud dengan primitif disini adalah
bangsa‑bangsa jajahan Barat yang dianggap terkebelakang, lemah dan kurang maju,
sedangkan bangsa penjajah sendiri adalah "moderen" ,maju ,serta
menguasai bangsa yang terjajah. Sehingga dalam bidang antropologi yang berkembang sebelum perang
dunia II kita lihat banyak buku yang menjelaskan tentang masyarakat
primitif" itu, antara lain seni Primitif
. Jadi sejak lama , isu mengenai moderen berkonotasi dengan kekuatan
sosial (politik), Istilah ini kemudian dipergunakan juga untuk
memperlihatkan sesuatu yang baru dan
kuat serta berkuasa. Yang bertentangan dengan sesuatu yang lemah dan usang.
) Nikos Stangos, Concepts of Moderen Art
,Hal.45‑46.
) "Perdjoeangan PTPI", Revolusi
Pemoeda, 25 Desember 1945.
)Pada masa ini kita menyaksikan tumbuhnya seni
lukis yang hendak mengungkapkan pengalaman dan kehidupan manusia dan bukan
menggambarkan keelokan alam. Lagi pula watak dan keadaan jiwa pelukis yang pada
umumnya tegang dan gelisah ‑ dipandang penting dan harus nampak dalam lukisan.
Dalam melukis alam, manusia dan benda, yang dianggap utama adalah perasaan atau
emosi si pelukis terhadap objek itu
)Gregory Battcock, Minimal Art, A Crtical
Anthology, E.P.Dutton & C0.Inc.,USA,1968 :Hal.26
)Susi Gablik, Minimalism dalam Nikos Stangos,
Op.Cit.Hal. 245.
) Georgy Battcock, Op.Cit.,Hal.148.
) Susy Gablik, Op.Cit.,Hal.244
) Susi Gablik, Op.Cit.Hal.245,247.
) Rita Widagdo, Kajian singkat mengenai
Perkembangan Seni Rupa sejak Renaissance sampai kini, Penerbit ITB Bandung,
1993.
) Rita, Op.Cit.17.
) Gablik,Op.Cit.,hal.250.
) Nikos Stangos, Op.Cit,Hal.9
) Opcit. Peter & Linda Muray , Hal.323.
) Opcit.Edward Lucie Smith, The Late Moderen
Art,
) Jasia Reichardt, dalam Nikos Stangos,
Concepts of Moderen Art (1981:239‑243), menurut jasia Reichardt, nenek moyang
seni Optiksebagai idiom (dialek) seni persepsi ‑ yang mengandung batas‑batas
yang mungkin dalam bidang penggambaran‑ bersumber dari seniman impresiionis
danm pos‑impressionis (Seurat misalnya), terutama dalam cara mengungkapkan
campuran optis dari warna dan nada warna, meninggalkan metoda mencampur warna
di palet dan membiarkan mata untuk mencampur torehan‑torehan warna dari
kejauhan. Bentuk‑bentuk tertentu dalam lukisan tersebut memisahkan dirinya
sendiri secara kromatis dan figuratif ketika pengamat memundurkan langkah ke
posisi yang sesuai.
) Victor Vasarely berasal dari Hongaria dan
lahir tahun 1908. Mula‑mula ia belajar ilmu kedokteran, kemudian pindah kesekolah
seni yang konvensional, dan akhirnya pada tahun 1928,1929 dai menjadi mahasiswa
"The Muhely Academy of Alexander Bortnyik" yakni Bauhausnya Budapest.
Kemudian dia menetap di perancis. Selama dia belajar di Budapest ini dia mulai
memahami sifat fungsi dari plastisitas dan ini kemudian ternyata kemudian terungkap dalam corak karya‑karyanya.
Dia memulai karirnya sebagai seniman grafis dan baru pada tahun 1943 ia melukis
( Edward Lucie Smith hal.168)
)
Opcit.
) The
New Oxford Illustrated Dictionary, Oxford University Press and Bay Books
pty,Ltd, Tokyo, 1978, p.1528.
) Peter & Linda Murray, Opcit.Hal.235
) Atkitns, Opcit.128.
)
Nampaknya secara umum disetujui bahwa 'Pop Art' dalam arti yang paling
sempit dimulai di Inggris, dan bahwa ia timbul dari serangkaian diskusi‑diskusi
yang diadakan di Institute of Contemporary Arts di London oleh suatu kelompok yang menamakan dirinya "the
Independence Group". Kelompok ini terdiri dari seniman‑seniman, kritikus
dan arsitek, diantaranya terdapat nama Eduardo Paolozzi, Alison dan Peter
Smithson, Richard Hamilton, Peter Reyner Banham dan Lawrence Alloway. Kelompok
ini tertarik pada kebudayaan kota yang populer dan baru, terutama dalam hal
eksistensinya di Amerika. 'Pop Art' merupakan suatu efek perang yang terlambat.
Amerika penuh dengan barang‑barang mewah mulai dari nilon sampai ke mobil baru.
Sebagain berpendapat seni pop sebagai
reaksi terhadap suasana romantik yang meliputi Inggris disekitar tahun 1940‑an.
) Pada
lukisan ' Apa yang menyebabkan sekarang rumah‑rumah itu menarik ?' Terlihat
guntingan potret seorang binaragawan
yang diambil dari majalah olahraga dan guntingan potret seorang wanita
'striptease'. Binaragawan itu memegang sebuah permen 'lollu' yang besar dengan
perkataan 'pop' diatasnya. Pada karya ini banyak diciptakan konvensi seni pop,
termasuk juga pemakaian gambar‑gambar yang sudah ada sebelumnya (seperti foto
yang diambil dari majalah dan sebagainya).
) Rita Widagdo, 1993:hal.23.
) Seniman ini semula bekerja dan menggeluti
faham Kubusisme dan Futurisme, penemuannya dianggap sebagai hasil dari "supremacy of
perception" ( kekuatan persepsi /tanggapan).
) Yang dimaksud dengan ikon adalah sesuatu yang mirip dengan sesuatu yang lain misalnya arca/patung mirip
dengan tubuh manusia,tanda gambar ( tanda yang berbentuk gambar), foto dan
lukisan , patung dapat dilikat sebagi ikon yaitu yang menggambarkan "
sesuatu"
) Supremacy, artinya adalah posisi tenaga ,
otoritas atau status, yang paling kuat, pemikiran tentang Surprematisme lebih didasari
campur tangannya manusia terhadap alam, dia menunjukkan hal itu melalui kreasi
seni, yang paling kuat (supremacy) menurutnya adalah bentuk‑bentuk geometrik
yang tidak dijumpai di alam/bertentangan dengan alam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar