Label

Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Kamis, 29 September 2011

Referensi Kamus/ Indeks


)  Lihat : "Perdjoeangan PTPI", Revolusi Pemoeda, 25 Desember 1945.
 )  Nobert Lytnton, 'expressionism' dalam , Nikos Stangos, Concepst of Moderen Art,1974 hal.30‑31. Pelopor kelompok Die Brucke ini adalah Ernst Ludwig Kircher (1880‑1938), seorang mahasiswa arsitektur yang makin lama makin cendrung kearah seni grafis. Untuk merealisir idenya dia  membentuk kelompok ini dari teman‑teman arsitekturnya (Fritz Bleyl, Erich Heckel (1883‑) dan karl Schmidt Rottluff (1884‑..), Kemudian menyusul tokoh yang lebih tua  Emil Nolde (1867‑1956)
 )  Sudarso SP.Ibid,Jilid II.1975: hal.14
 ) Sarah Whithfield (1981)dalam tulisannya tentang Fauvisme ( dalam Nikos Stangos, Concepts of moderen art, 1981:11)
 ) Masyarakat Indonesia dengan kesatuan yang mendasar sebagai bangsa, baru dapat dirintis  pada tahun 1908, dengan berdirinya "Boedi Oetomo" di Jakarta.Dengan tokohnya Dr.Sutomo.
 ) Ciryl Barrett, Kinetic Art, dalam Nikos Stangos , Concepts of Moderen Art, Hudson Ltd.N.Y.1981, p.212. Yang mengutip manifesto Boccoini (pernyataan teknik patung futuris) tahun 1912.
 ) Edward Lucie‑Smith, Movements in Art since 1945: new revised edition. Thames and Hudson,1987:171
 ) Vasarelly misalnya , menyibukkan dirinya dalam karya‑karya lukisan yang terdiri dari bidang‑bidang yang terpisah dengan layar‑layar (sreens) dan objek‑objek tiga dimensional. Gerak pada karya‑karya statis tergantung pada aksi cahaya dan pada fenomena optis yang dikenal.seperti misalnya kecendrungan mata untuk menimbulkan imaji lanjutan (after images) jika mata itu dipertentangkan dengankontras‑kontras hitam putih yang sangat kuat,atau jika mata dipetentangkan dengan deretan warna tertentu. Yang kedua ada objek‑objek yang bergerak tanpa kekuatan mekanis seperti Seni Kinetiknya  Alexander Calder. Ketiga ada karya‑karya yang digerakkan secara mekanisdan yang menggunakan cahaya, elektromaknit dan bahkan juga dengan air. Opcit.Hal.171‑172
  (Oxford Companion Enc.:1987,135)
 ) Pada awalnya Isu mengenai moderen sebenarnya tumbuh dari konsep "Barat" yang ingin membedakan atau melawankan antara primitif dengan moderen. Yang dimaksud dengan primitif disini adalah bangsa‑bangsa jajahan Barat yang dianggap terkebelakang, lemah dan kurang maju, sedangkan bangsa penjajah sendiri adalah "moderen" ,maju ,serta menguasai bangsa yang terjajah. Sehingga dalam bidang  antropologi yang berkembang sebelum perang dunia II kita lihat banyak buku yang menjelaskan tentang masyarakat primitif" itu, antara lain seni Primitif  . Jadi sejak lama , isu mengenai moderen berkonotasi dengan kekuatan sosial (politik), Istilah ini kemudian dipergunakan juga untuk memperlihatkan  sesuatu yang baru dan kuat serta berkuasa. Yang bertentangan dengan sesuatu yang lemah dan usang.

 ) Nikos Stangos, Concepts of Moderen Art ,Hal.45‑46.
 ) "Perdjoeangan PTPI", Revolusi Pemoeda, 25 Desember 1945.
 )Pada masa ini kita menyaksikan tumbuhnya seni lukis yang hendak mengungkapkan pengalaman dan kehidupan manusia dan bukan menggambarkan keelokan alam. Lagi pula watak dan keadaan jiwa pelukis yang pada umumnya tegang dan gelisah ‑ dipandang penting dan harus nampak dalam lukisan. Dalam melukis alam, manusia dan benda, yang dianggap utama adalah perasaan atau emosi si pelukis terhadap objek itu
 )Gregory Battcock, Minimal Art, A Crtical Anthology, E.P.Dutton & C0.Inc.,USA,1968 :Hal.26
 )Susi Gablik, Minimalism dalam Nikos Stangos, Op.Cit.Hal. 245.
 ) Georgy Battcock, Op.Cit.,Hal.148.
 ) Susy Gablik, Op.Cit.,Hal.244
 ) Susi Gablik, Op.Cit.Hal.245,247.
 ) Rita Widagdo, Kajian singkat mengenai Perkembangan Seni Rupa sejak Renaissance sampai kini, Penerbit ITB Bandung, 1993.
 ) Rita, Op.Cit.17.
 ) Gablik,Op.Cit.,hal.250.
 ) Nikos Stangos, Op.Cit,Hal.9
 ) Opcit. Peter & Linda Muray , Hal.323.
 ) Opcit.Edward Lucie Smith, The Late Moderen Art,
 ) Jasia Reichardt, dalam Nikos Stangos, Concepts of Moderen Art (1981:239‑243), menurut jasia Reichardt, nenek moyang seni Optiksebagai idiom (dialek) seni persepsi ‑ yang mengandung batas‑batas yang mungkin dalam bidang penggambaran‑ bersumber dari seniman impresiionis danm pos‑impressionis (Seurat misalnya), terutama dalam cara mengungkapkan campuran optis dari warna dan nada warna, meninggalkan metoda mencampur warna di palet dan membiarkan mata untuk mencampur torehan‑torehan warna dari kejauhan. Bentuk‑bentuk tertentu dalam lukisan tersebut memisahkan dirinya sendiri secara kromatis dan figuratif ketika pengamat memundurkan langkah ke posisi yang sesuai.
 ) Victor Vasarely berasal dari Hongaria dan lahir tahun 1908. Mula‑mula ia belajar ilmu kedokteran, kemudian pindah kesekolah seni yang konvensional, dan akhirnya pada tahun 1928,1929 dai menjadi mahasiswa "The Muhely Academy of Alexander Bortnyik" yakni Bauhausnya Budapest. Kemudian dia menetap di perancis. Selama dia belajar di Budapest ini dia mulai memahami sifat fungsi dari plastisitas dan ini kemudian ternyata  kemudian terungkap dalam corak karya‑karyanya. Dia memulai karirnya sebagai seniman grafis dan baru pada tahun 1943 ia melukis ( Edward Lucie Smith  hal.168)
 )  Opcit.
 )   The New Oxford Illustrated Dictionary, Oxford University Press and Bay Books pty,Ltd, Tokyo, 1978, p.1528.
 ) Peter & Linda Murray, Opcit.Hal.235
 ) Atkitns, Opcit.128.
 )  Nampaknya secara umum disetujui bahwa 'Pop Art' dalam arti yang paling sempit dimulai di Inggris, dan bahwa ia timbul dari serangkaian diskusi‑diskusi yang diadakan di Institute of Contemporary Arts di London oleh suatu  kelompok yang menamakan dirinya "the Independence Group". Kelompok ini terdiri dari seniman‑seniman, kritikus dan arsitek, diantaranya terdapat nama Eduardo Paolozzi, Alison dan Peter Smithson, Richard Hamilton, Peter Reyner Banham dan Lawrence Alloway. Kelompok ini tertarik pada kebudayaan kota yang populer dan baru, terutama dalam hal eksistensinya di Amerika. 'Pop Art' merupakan suatu efek perang yang terlambat. Amerika penuh dengan barang‑barang mewah mulai dari nilon sampai ke mobil baru. Sebagain berpendapat  seni pop sebagai reaksi terhadap suasana romantik yang meliputi Inggris disekitar tahun 1940‑an.
 )  Pada lukisan ' Apa yang menyebabkan sekarang rumah‑rumah itu menarik ?' Terlihat guntingan potret  seorang binaragawan yang diambil dari majalah olahraga dan guntingan potret seorang wanita 'striptease'. Binaragawan itu memegang sebuah permen 'lollu' yang besar dengan perkataan 'pop' diatasnya. Pada karya ini banyak diciptakan konvensi seni pop, termasuk juga pemakaian gambar‑gambar yang sudah ada sebelumnya (seperti foto yang diambil dari majalah dan sebagainya).
 ) Rita Widagdo, 1993:hal.23.
 ) Seniman ini semula bekerja dan menggeluti faham Kubusisme dan Futurisme, penemuannya dianggap sebagai  hasil dari "supremacy of perception" ( kekuatan persepsi /tanggapan).
 ) Yang dimaksud dengan ikon  adalah sesuatu yang mirip dengan  sesuatu yang lain misalnya arca/patung mirip dengan tubuh manusia,tanda gambar ( tanda yang berbentuk gambar), foto dan lukisan , patung dapat dilikat sebagi ikon yaitu yang menggambarkan " sesuatu"
 ) Supremacy, artinya adalah posisi tenaga , otoritas atau status, yang paling kuat, pemikiran tentang Surprematisme lebih didasari campur tangannya manusia terhadap alam, dia menunjukkan hal itu melalui kreasi seni, yang paling kuat (supremacy) menurutnya adalah bentuk‑bentuk geometrik yang tidak dijumpai di alam/bertentangan dengan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar