Label

Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Jumat, 30 September 2011

G

Glosari (Daftar Istilah)


Gabung,combination;1.gabungan.kombinasi.2.penggabungan
Gabung,combine; menggabungkan;mengombinasikan
Gambar sindir,caricature;karikatur;

Garis konstruksi,construction line; garis pengaram;
Gawai,device;
Genius;kertiyasa;jenius
Gesture;isyarat
Glossy; sega(licin kilap)

Golongan,class,kelas,

Graph;graf;grafik
Graphics;gambar teknik;gambar mistar
Grease‑rack view;tampak kodok

Grey;dauk;abu‑abu;kelabu
Grid;jejala

Group,kelompok,bondong,kumpulan
Gambar (drawing)- adalah seni (skill) untuk merepresentasi kan sebuah objek, gagasan, dan lainnya pada sebuah permukaan dengan menggunakan pensil, krayon, marker/penanda, pena, atau lain-lainnya, atau menggunakan material penanda lainnya untuk membuat garis atau nada hitam–putih,  pada permukaan datar.
Gaya (style) – dari seorang seniman atau kelompok seniman adalah sebuah teknik karakter, yaitu bagaimana seseorang membuat karya seni atau dengan ungkapan tertentu yang khas dari komunitas budaya  atau periode waktu tertentu.
Indeks Pelaku Seni Indonesia (Indonesian Art & Artist)

G.A.SUKIRNO Pelukis yang bergaya Fantasi sekitar tahun 1940‑50 an;  Anggota PERSAGI, Pelukis masa Kedua Seni Rupa Indonesia. Sebenarnya Sukirno adalah pelukis "satiris". Olehnya banyak digambarkan tentang orang‑orang yang dikenalnya, atas dasar watak dan perbuatan yang dialami Sukirno sendiri. Karenanya seseorang baginya dapat digambarkan sebagai kera, orang berkepala anjing dan sebagainya. Salah satu potret dirinya, diekspresikan sebagai singa yang lapar, dengan seluruh anggota keluarga yang menunggang dipunggungnya.
GAMBIRANOM SOEHARDI, Pelukis, Kelahiran Delanggu, Surakarta, 13 Mei 1928. Pendidikan Akademi Seni Rupa Indonesia tahun 1950‑1955 ,Jurusan  Seni Lukis. Banyak mengikuti pameran sejak tahun 1951 di Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Ujung Pandang dan Medan. Karya‑karyanya umumnya berbentuk lukisan, mural dan diorama antara lain di Hotel indonesia, Hotel Ambarukmo, Kodam Browijoyo Jawa Timur, Gedung Senat Bulak Sumur Yogyakarta, Gedung DPR Aceh, Monumen Palagan, Kraton Surakarta dan sebagainya.
GODOD SUTEJO, pelukis. Kelahiran Wonogiri, 26 bakdo Mulud, Ehe, 1884. Pendidikan Akademi Seni Rupa Indonesia 1977 dan STSRI‑"ASRI" Yogyakarta 1982. Banyak mengadakan pameran baik dalam maupun luar negeri. Kekhasan Godod adalah kerena dia memasukkan unsur spiritual, kedalam karya‑karya seninya, sebagaimana seorang empu membuat keris. Secara nyata karya Godod dapat dikategorikan kepada karya‑karya yang bersifat fantasi, walaupun masih berpegang kepada realitas.  
GPI, (Gabungan Pelukis Indonesia), Perkumpulan pelukis. Oesman Effendi dan Zaini sudah pada tahun 1949 meninggalkan SIM dan menggabungkan diri dalam Gabungan Pelukis Indonesia (GPI) ) yang didirikan Sutikna  (dari Taman Siswa) dan Affandi (sebagai persiapan untuk keliling Eropah) di Jakarta pada tahun 1948. Anggota yang lain adalah Nasyah Djamin, Handrijo, Sjahri, Zaini, Nashar, Oesman Effendi, Basuki Resobowo, Trisno Sumardjo, Suharto. 
GREGORIUS SIDHARTA SOEGIO, Pelukis, seniman pematung.Kelahiran Yogyakarta, Nopember 1932. Sidharta mempunyai kecendrungan seni lukis abstrak di  Yogyakarta periode 1952. Anggota perkumpulan pelukis "Pelukis Indonesia Muda"  Di Yogyakarta tahun1952, Pendidikan Akademi Seni Rupa Indonesia, Jan van Eyck Academie di Negeri Belanda. Pada mulanya mengajar di Pendidikan Akademi Seni Rupa Indonesia ,tahun 1958‑1964, kemudian pindah  ke Bandung mengajar di Departemen Seni Rupa ITB. Jurusan patung mulai tahun 1965, hingga sekarang. Banyak mengadakan pameran baik dalam maupun luar negeri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar