Label

Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Jumat, 30 September 2011

J

Glosari (Daftar Istilah)

Jajaran,array,Jewelry;perhiasan


Indeks Pelaku Seni Indonesia (Indonesian Art & Artist)


JEIHAN SUKMANTORO, Pelukis figuratif. Kelahiran Solo 26 September 1938. Mendapatkan pendidikan di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung , keluar dari Institut Teknologi Bandung, dan bekerja sebagai pelukis bebas.Gaya seni lukis : Umumnya Jeihan melukiskan figur‑figur dengan latar belakang  yang polos, mata yang kosong, sehingga menonjolkan figur tersebut ke depan, komposisi lukisan diatur sedemikian rupa sehingga lukisannya menjadi utuh.

JIM SUPANGKAT, tokoh Seni Rupa Baru 1975. Lahir di Jongaya, Sulawesi Selatan 2 Mei 1948. Mulai melukis dengan belajar sendiri sejak tahun 1966, juga di sanggar Senikan Bandung. Masuk Institut Teknologi Bandung Seni Rupa  tahun 1970. Kemudian tertarik dengan filsafat dan belajar pada Dick Hartoko di Yogyakarta tahun 1974. Lulus Institut Teknologi Bandung  tahun 1975. Disamping melukis dan mematung, menjabat sebagai redaktur majalah Aktuil. Dosen Luar Biasa pada  Jurusan Arsitektur Pertamanan IPB. Banyak menulis artikel, banyak mengadakan pameran baik dalam maupun luar negeri.

JIVA MUKTI, Perkumpulan pelukis  di Bandung (berdiri 1948; Barli, Mochtar Apin, Karnedi),

JUSUF AFFENDI , Pelukis,pengajar seni rupa ITB. Seni lukisnya bergaya abstrak, dia termasuk pelopor seni lukis tanpa objek pertama di Indonesia 1969‑1970‑an, staf pengajar Seni Rupa ITB, Jurusan Arsitektur Unpar Bandung, dan lainnya. Terakhir dia berkecimpung  dengan media seni tenun moderen. Dia juga banyak mengadakan pameran baik dalam dan luar negeri.

KARTONO YODHOKUSUMO, Pelukis . Berbakat melukis sejak muda. Muncul sebagai pelukis pada masa Jepang ,anggota SIM ( Seniman Indonesia Muda) yang dibentuk di Madiun pada tahun 1946, tetapi kemudian pindah ke Surakarta di tahun 1947 dan akhirnya ke Yogyakarta 1948. Pelukis bergaya dekoratif pertama Indonesia masa 1940‑50‑an.  Anggota perkumpulan pelukis "Sanggar Seniman" Bandung 1952, tetapi kemudian lukisan‑lukisannya dianggap bergaya surealisme.Gaya Seni Lukis Kartono Y.: Karya  awal  Kartono 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar